rcbfm-tanam-pohon-copy

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)
RCB FM bersama Dinas Kehutanan Kabupaten Malang

Melalui Keputusan Presiden No 24/2008, Pemerintah telah menetapkan tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), dan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN). Pada peringatan HMPI tahun 2010 di Jatiluhur, Jawa Barat, Presiden RI telah mengamanatkan untuk melanjutkan Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon.

Peringatan ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan budaya menanam di masyarakat. Tercatat program penanaman yang telah dilaksanakan Kementerian Kehutanan (Kemenhut), antara lain Aksi Penanaman Serentak Indonesia (tahun 2007 dan 2008), Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (2007), Pencanangan Baru Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (2008), serta Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree) tahun 2009.

Keberhasilan seluruh program tersebut memacu pemerintah untuk meluncurkan program Penanaman 1 Millar Pohon pada 2010 dengan motto “Satu Miliar Pohon Indonesia untuk Dunia” atau “One Billion lndonesian Trees for the World.”

Penanaman 1 Miliar Pohon merupakan gerakan nyata penanaman pohon secara serentak, yang bertujuan uptuk menambah tutupan lahan dan meneegah terjadinya banjir dan tanah longsor, konservasi keanekaragarnan bayati, penyerapan karbon untuk mencegah dampak perubahan iklim, serta mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat, Semakin banyak pohon yang ditanam, maka masyarakat akan semakin terlindung dan sejahtera.

Karena berbagai hal, peringatan HMPI Kabupaten Malang tahun 2016 ini sedikit mundur dan berhasil dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2016 di Pantai Ngudel, Kabupaten Malang dengan dihadiri Bupati Malang, Bp. Rendra Kresna.

Acara dibuka dengan apel pagi yang dihadiri juga oleh TNI AD, Polhut, Siswa Pramuka, Mahasiswa Penggiat Lingkungan, dan berbagai komunitas lingkungan hidup lainnya. Apel ditutup dengan penyerahan bibit kepada perwakilan pihak-pihak masyarakat oleh Bapak Bupati Malang.

bp-rendra-kresna

Sasaran lokasi Penanaman 1 Miliar Pohon adalah lahan kritis yang rusak atau tidak produktif di dalam dan di luar kawasan hutan. Dalam kawasan hutan (hutan konservasi, hutan lindung, hutan produksi), rehabilitasi hutan konservasi dan hutan lindung, reklamasi hutan bekas tambang, hutan kemasyarakatan (HKm) dan hutan desa, hutan tanaman rakyat (HTR), hutan tanaman industri (HTI), rehabilitasi hutan mangrove atau hutan pantai, rawa, dan gambut.

Semua peserta antusias menanam pohon di sekitar bibir pantai Ngudel yang seharusnya hutan lindung, oleh penduduk sekitar mulai beralih fungsi menjadi kebun pisang ilegal. Pengelola lokasi usul jenis tanaman yang bermanfaat untuk keindahan, untuk pencegahan potensi intrusi air laut, menghasilkan buah untuk pendapatan, untuk keteduhan/iklim mikro, penahanan erosi, dll.

Bibit yang disediakan oleh Dinas terkait antara lain Trembesi, Kluwih, Sukun, Mimba, Nyamplung, Keben, Nangka, Akasia Mangium & Akasia Auricaliformis (daun kecil), Cemara Udang, Ketapang Kencana, Api- api, Sepatu Dia, dll.

menanam-pohon